Create text online

Minggu, 18 Desember 2011

Lokakarya dengan Koran Anak Berani


         Beberapa bulan lalu,  tepatnya   29 Juli 2011, sekolah kami dikunjungi oleh tim Koran Anak BERANI. Dengan Bapak Doni Koesoema A, M.Ed sebagai tutor yang difasilitasi oleh Koran Berani, kami para guru diberikan pelatihan singkat mengenai pengembangan pendidikan karakter untuk anak. Lokakarya ini berupa Pelatihan Mengubah READING LITERACY ke MORAL LITERACY
Koran BERANI (Berita Anak Indonesia) sendiri adalah Koran anak pertama di Indonesia, yang terbit sejak tanggal 8 April 2006. Isinya yang sarat pengetahuan dengan ilustrasi dan gambar yang menarik membuat anak-anak di SD Marie Joseph gemar membacanya.


             Setidaknya terdapat 7 tahap persiapan pengajaran membaca, yaitu:
1. Seleksi, di sini adalah tahap awal kita mencari artikel dengan intensitas moral tinggi
2. Menilai, tahap kita melihat kriteria-kriteria moral. Point penting tahap ini mengusung: prinsip berbuat baik, tidak mengubah yang sudah baik menjadi lebih jika tidak baik, perlakukan individu sebagai dirinya sendiri.
3. Mengenali , mengenali nilai moral
4. Memilih, tahap di mana kita memilih pesan moral yang ingin dibahas bersama
5. Mengajar , pengajaran tentang nilai-nilai
6. Menghubungkan dengan pengalaman
7. Evaluasi dan refleksi, tahap yang memerlukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dari peserta didik.

       Pada kesempatan ini juga , pengajar diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi dengan menggunakan artikel dari Koran BERANI. Melalui lokakarya ini diharapkan guru dapat mengembangkan budaya membaca  ke arah moral literacy kepada anak didiknya.
 
Kunjungi website Koran Anak BERANI di  www.berani.co.id

0 komentar: