Kamis, 08 Desember 2011

Bermain sambil Belajar di Pendidikan Karakter

         Saat saya masuk ruang kelas, anak-anak kelas 4 SD Marie Joseph  itu sudah duduk, tapi masih saja ada yang berisik. Untuk mengalihkan perhatian mereka saya umumkan hari ini seperti biasa ada permainan. Kelas riuh, mereka bersorak.Memang senang sekali jika saya masuk karena selalu ada permainan sesuai tema pelajaran saat itu.
Sedikit sulit memang mendiamkan anak-anak. Untuk sampai ke permainan, saya ajukan syarat : mereka harus duduk menyimak materi hari Kamis itu.
        Hari itu kami membahas tentang sifat-sifat dan ciri-ciri fisik yang dimiliki diri sendiri dan teman. Saya menjelaskan beberapa sifat selain 'baik' atau 'suka menolong' seperti yang umumnya mereka sebut. 
Contoh-contoh sifat seperti: ambisius, kalem, sportif, tidak mau mengalah, egois dan sebagainya. Sedangkan contoh ciri-ciri fisik misalnya : rambut lurus, rambut panjang, hidung mancung, kulit sawo matang dan sebagainya. Setelah sesi pertanyaan dibuka, dan mereka mengerjakan LKS di buku Pendidikan Karakter untuk Siswa Kelas 4 SD :  Aku Suka Bertanya kami masuk ke bagian yang dinanti-nanti, Games!

Buku Pendidikan Karakter Kelas 4 SD
           Peraturan dan Alat yang diperlukan: 
1. tidak boleh ribut saat permainan
2. apapun yang ditulis nanti tidak boleh mengejek atau menyakiti perasaan orang lain
3. kreatiflah saat menulis.
4. alat yang diperlukan adalah kertas kecil (1 lembar kertas bisa berbagi dengan 3 teman lain) dan pena / pulpen

            Cara Bermain:
1. tuliskan nama pada kertas (cukup nama panggilan) secara vertikal, jika sudah lipat kertas tersebut.
2. pada hitungan ketiga tukarkan dengan teman yang lain
3. setelah masing -masing mendapat kertas teman . Pilih satu huruf  dari nama yang tercantum di sana, dan tuliskan sifat atau ciri orang tersebut.
 Contoh: R I N A >> ambil huruf R >> tulis di huruf R = Rapi orangnya
4. Lipat kembali dan pada hitungan ketiga tukarkan lagi dengan teman yang lain, begitu seterusnya sampai huruf di kertas habis. Di akhir permainan masing-masing anak bertugas membacakan hasilnya dan mengembalikan kertas pada teman yang tertera dalam kertas.
        Dari permainan sederhana hari itu anak-anak mendapat  pengetahuan mengenai sifat dan ciri-ciri seseorang, mengenal teman lebih dekat, serta yang terpenting belajar untuk menghargai perbedaan yang ada.




0 komentar: