Tema kepedulian dan kesadaran lingkungan banyak dibincangkan saat ini. Pengenalan kesadaran lingkungan diajarkan kepada anak sejak dini , seperti yang diagendakan suster Putri- putri Cinta Kasih Canossianuntuk untuk siswa SD MJ saat retret 3 Desember 2011 lalu.
Kini melalui pelajaran Pendidikan Karakter, kesempatan bagi siswa kelas 6 untuk berpikir kritis terhadap keadaan lingkungan kita saat ini. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar keseharian siswa di rumah atau di luar rumah.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 3- 4 orang. Di sini diharapkan kelompok aktif bertukar pendapat, dan tiap anak mampu menyumbangkan ide untuk kelompoknya.
Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah
1. Seberapa seringkah rumah membuang sampah?
2.Apa sajakah efek / masalah yang ditimbulkan dari sampah plastik di rumah?
3. Mengapa terjadi pola kebiasaan buruk dalam masyarakat dalam menangani sampah?
4.Gambarlah desain baru pembuangan limbah rumah tangga, sehingga mengurangi polusi air sungai dan tanah!
Contoh Pencemaran Lingkungan |
Rangkuman jawaban dari kelompok yang ada hampir sama, yaitu sebagai berikut:
1.rata-rata rumah membuang sampah (dari dalam ke penampungan yang paling besar) 3- 5 kali sehari.
2.- Sampah plastik atau sampah lainnya pada umumnya membuat dapur menjadi bau sehingga tempat sampah banyak dikerubungi lalat. -Plastik juga cepat mencemari lingkungan -Mengurangi kesuburan tanah karena plastik sulit didaur ulang
3.-Masyarakat beranggapan sampah merupakan masalah yang sepele dan penyelesaiannya mudah sehingga masalah sampah dianggap biasa.
- Karena tidak ada peraturan dan sanksi yang benar-benar tegas dari pemerintah
- Masyarakat menganggap sampah merupakan masalah yang seharusnya diurus oleh pihak pemerintah dan mereka tidak mau ikut repot menyelesaikannya.
4. Contoh desain sederhana dari salah satu kelompok
Desain Kelompok 3 kelas VI C |
0 komentar:
Posting Komentar